. .

Melarang orang asing menjabat 19 posisi penting salah satunya jabatan Chief Executive Officer (CEO)

JAKARTA- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengecam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar yang melarang orang asing menjabat 19 posisi penting perusahaan di Indonesia. Bahkan menurut Apindo aturan tersebut merupakan aturan yang bodoh.

Seperti dikatakan Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi, dengan melarang orang asing menjabat 19 posisi penting salah satunya jabatan Chief Executive Officer (CEO) maka sama dengan mengusir investor asing dari Indonesia, Sofjan menilai keputusan tersebut keputusan yang sangat bodoh.

“Keputusan tersebut merupakan keputusan bodoh, bagaimana tidak investor asing yang menanamkan investasinya di Indonesia tetapi dilarang menjabati posisi CEO, ya sama dengan mengusir mereka namanya,” ujar Sofjan, Sabtu (10/3/2012).

Namun keputusan yang ditandatangani Muhaimin pada 29 Februari lalu hingga sampai saat ini belum pernah disosialisasikan ke para pengusaha. “Saya sampai saat ini belum lihat aturannya bagaimana isinya. Kalau memang benar begitu seharusnya sebelum ditandatangni maupun sesudahnya Kementerian Menakertrans sudah sosialisasi dahulu, tapi sampai saat ini tidak ada sama sekali. Namun kalau benar dilarang apalagi sampai 19 posisi penting, cuma satu kata saya itu keputusan bodoh,” tandas Sofjan.

Sebelumnya, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar tidak hanya melarang posisi chief executive officer (CEO) di perusahaan yang berdomisili di Indonesia dijabat orang asing. Ada 18 jabatan penting lain di perusahaan yang ‘diharamkan’ diduduki oleh tenaga kerja asing.

Berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012 tentang jabatan-jabatan tertentu yang dilarang diduduki tenaga kerja asing yang diteken pada 29 Februari 2012, jabatan yang dilarang untuk orang asing diantaranya:

Direktur Personalia/Personnel Director
Manajer Hubungan Industrial/Industrial Relation Manager
Manajer Personalia/Human Resources Manager
Supervisor Pengembangan Personalia/Personnel Development Supervisor
Supervisor Perekrutan Personalia/Personnel Recruitment Supervisor
Supervisor Penempatan Personalia/Personnel Placement Supervisor
Supervisor Pembinaan Karir Pegawai/Employee Career Development Supervisor
Penata Usaha Personalia/Personnel Declare Administrator
Ahli Pengembangan Personalia dan Karir/Personnel and Careers Specialist
Spesialis Personalia/Personnel Specialist
Penasehat Karir/Career Advisor
Penasehat Tenaga Kerja/Job Advisor
Pembimbing dan Konseling Jabatan/Job Advisor and Counseling
Perantara Tenaga Kerja/Employee Mediator
Pengadministrasi Pelatihan Pegawai/Job Training Administrator
Pewawancara Pegawai/Job Interviewer
Analis Jabatan/Job Analyst
Penyelenggara Keselamatan Kerja Pegawai/Occupational Safety Specialist

Pada keputusan yang dikutip itu tidak disebutkan apa alasan pemerintah melarang tenaga kerja asing untuk menduduki posisi CEO dari perusahaan yang berkedudukan di Indonesia.

Peraturan ini berlaku sejak 29 Februari 2012 saat ditandatangani oleh Muhaimin.

repost solopos.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *